Ma'af kami tidak melakukan Jual beli material, kami hanya memberikan info seputaran Baja ringan | Blog ini terbuka untuk siapa saja yang ingin memasang iklan produk terutama produk terkait materi Blog dengan fee yang Ringan

Tuesday 29 December 2015

ALUMUNIUM FOIL SINGLE | DOUBLE SIDES - Jenis-jenis Alumunium Foil

ALUMUNIUM FOIL DOUBLE
ALUMUNIUM FOIL DOUBLE. LEBAR 120 CM X 50 M




Alumunium foil adalah pelapis atap bangunan anti panas, berfungsi sebagai Isolasi Atap Bangunan terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air serta freon. Sehingga aman dan ramah lingkungan. Dan juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah, melindungi kebocoran akibat tampias air hujan dan embun, melindungi plafond dari kerusakan / melengkung karena cuaca panas, membuat plafond bersih dan bebas debu, dan praktis karena mudah pemasangannya.


Jenis-jenis Alumunium Foil untuk Atap.
1. Alumunium Foil untuk atap Rumah kediaman
Alumunium foil untuk rumah kediaman umumnya ada dua jenis yaitu single side (satu sisi) dan double side (dua sisi). 
  • Single side biasanya permukaan atasnya yang mengkilap karena berlapis alumunium.
  • Sementara yang double side berarti kedua sisinya berlapis alumunium sehingga terlihat mengkilap pada kedua sisi. Fungsi keduanya sama yaitu menahan panas. Yah.. Udara panas merupakan salah satu masalah di negara tropis
2. Alumunium Foil untuk atap bangunan Gudang atau Pabrik dan sejenisnya.
Penggunaan alumunium foil untuk Bangunan Pabrik atau gudang lebih cenderung kepada pemakaian alumunium Foil Double side saja, karena Gudang atau pabrik biasanya dibuat terbuka tanpa Plafon sehingga penggunaan Alumunium Double side dapat diandalkan untuk meredam Panas Ruangan.
Macammacam aluminium foil yang biasa digunakan untuk atap;
  • Aluminium foil Woven Laminated, dengan lapisan serat karung plastik. Bahan material lebih ringan dan hanya untuk mengantisipasi kebocoran air hujan dan panas sinar matahari, kurang dapat menjadi isolasi peredam suara dan kurang maksimal dalam meradam panas.
  • Aluminium foil Bubble Laminated, dengan lapisan ditengah seperti gelembung-gelembung yang mampu menjadi isolasi terhadap peredam panas dan mempu meradam kebisingan suara akibat suara yang ditimbulkan oleh jatuhnya air hujan ke permukaan atap.
  • Aluminium foil Foam Liminated, dengan lembaran foam yang dilapisi dengan lembar aluminium foil pada kedua sisinya. Aluminium foil ini sangat cocok untuk atap pabrik/gudang dan sangat maksimal dalam upaya menjadi isolasi terhadap panas dan suara serta lembaran aluminium foil ini cukup tebal dan sangat awet dalam penggunaan, namun relatif lebih berat.
Alumunium foil single
Al. single










Alumunium foil double
Al.double







Sifat bahan dasar atau material Alumunium Foil
Jenis Bahan dasar alumunium foil beragam sesuai dengan harga, yang umum digunakan adalah terbuat dari lapisan alumunium foil kertas dan alumunium foil plastik/tipe karung. Yang menggunakan bahan dasar kertas lebih mudah sobek pada saat terinjak sementara yang berbahan dasar plastik atau banyak yang menyebut alumunium bahan karung, lebih liat dan kuat.

Para pemasang baja ringan sangat menyukai alumunium foil berbahan dasar plastik/karung karena tidak mudah robek pada saat pemasangan. Selain itu jika sewaktu-waktu terjadi hujan sementara pemasangan alumunium foil sedang berlangsung tidak akan khawatir rusak karena air hujan. 


Fungsi dan Penggunaan Alumunium Foil pada atap rumah Pemilihan terhadap penggunaan Alumunium sebagai pelapis atap rumah pada satu sisi memiliki fungsi yang baik, akan tetapi ada juga sebagian pemilik rumah yang kurang tertarik dengan pemasangan alumunium foil ini dengan alasan :
  • Jika terjadi kebocoran maka sulit dideteksi dimana sumber kebocoranya karena air akan mengalir kebidang terendah atau menyebar.
  • Menjadi sarang tikus dan sulit untuk mengusirnya karena berada diatas lapisan alumunium.

Saran kami, sesuai pengalaman dilapangan alternatip pemilihan terhapat pemakaian alumunium foil tergantung pada jenis apa genteng yang dipakai. Kalau memakai genteng metal karena memiliki bidang yang luas maka menghindari tampu air hujan dengan Al.foil bisa diabaikan,karena kemungkinan tampu air kecil. sebaliknya jika memakai genteng tanah atau keramik yang memiliki media kecil tampias lebih mudah terjadi, maka pemakaian Alumunium foil dibutuhkan. Karena menghindari tampu air hujan sama dengan menjaga plafon agar tidak kena air dengan demikian plafon diharapkan bisa awet.

Terhadap pemakaian alumunium sebagai penepis panas, maka sebenarnya masih bisa dikategorikan belum mendesak, mengapa..? karena pada umumnya rumah dibangun dan dilengkapi dengan plafon, fungsinya diantaranya untuk menepis panas dari matahari yang membakar genteng rumah. Namun demikian banyak penelitian yang menunjukan hasil positif terhadap penurunan pasas atas dipasangnya alumunium foil pada atap rumah,  Seperti diketahui bahwa panas matahari yang jatuh ke penutup atap akan terbagi, yaitu ada yang dipantulkan dan ada pula yang diserap atap sehingga ruangan di bawahnya menjadi panas. Untuk itu, pemakaian aluminium foil yang daya serapnya rendah dan daya pantulnya tinggi akan menjadi alternative terbaik

Harga Alumunium foil untuk atap rumah dipasaran
Pada saat artikel ini saya yaitu pada bulan Mei 2018, Harga Alumunium Foil yang ada dipasaran merujuk kepada beberapa web Toko Online ataupun Supllier adalah :

Harga Alumunium foil untuk atap rumah dipasaran 2018

1.  Jenis Sheet & Bubble Kwalitas menengah
JENIS-JENIS PEREDA PANAS YANG BIASA DIPAKAI UNTUK PERUMAHAN DAN PABRIK
2.  Jenis Sheet & Bubble High Quality 
JENIS-JENIS PEREDA PANAS YANG BIASA DIPAKAI UNTUK PERUMAHAN DAN PABRIK
3.  Jenis Foam Medium Quality
JENIS-JENIS PEREDA PANAS YANG BIASA DIPAKAI UNTUK PERUMAHAN DAN PABRIK

4. Jenis Foam High Quality
JENIS-JENIS PEREDA PANAS YANG BIASA DIPAKAI UNTUK PERUMAHAN DAN PABRIK

( sumber harga : www.solusi-atap.com )
Setelah kita memahami tentang Fungsi dan penggunaan Alumunium Foil maka sekarang Semua tergantung kepada anda, untuk menentukan apakah menggunakan alumunium foil atau tidak. Saya pribadi berfikir era penggunaan alimunium foil adalah Tren jaman.

Jika anda ingin berkonsultasi masalah pemasangan Alumunium foil silahkan tinggalkan pesan lewat email di menu Konsultasi form atau Via WA yang tertera.

Berita Terbaru

Post Link