Ma'af kami tidak melakukan Jual beli material, kami hanya memberikan info seputaran Baja ringan | Blog ini terbuka untuk siapa saja yang ingin memasang iklan produk terutama produk terkait materi Blog dengan fee yang Ringan

Monday, 4 January 2016

PERBEDAAN ZINCALUME, GALVALUME DAN GALVANIS


jual galvalume lembaran


                                         

Apa sih bedanya antara baja ringan Zincalume, Galvalume, dan Galvanis? 

jual lembaran galvalume









Galvanis adalah istilah untuk baja ringan yang diberi lapisan seng (zinc). Untuk galvanis finishingnya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zink dan 2% adalah unsur alumunium). 
Galvanis telah diketahui tahan terhadap mortar/adukan semen Namun tidak tahan korosif terhadap air garam, permasalahanya adalah Baja ringan galvanis selalu identik dengan harga murah meriah. Tapi resiko terhadap korosi harus diwaspadai. Korosi pada Galvanis justru terjadi saat pembautan antar truss / kanal atau dengan reng. disebut juga Galvaniscorrosion (korosi galvanis )
Galvanic atau bimetalic corrosion adalah jenis korosi yang terjadi ketika dua macam logam yang berbeda berkontak secara langsung dalam media korosif.
http://2.bp.blogspot.com/-OWOpZvBBFIU/UoSi_aDM-sI/AAAAAAAAAFU/1D71-xbCZUI/s1600/galvanic+pada+sambungan+baut.jpg
Gambar Korosi Galvanic pada Sambungan Baut

ZINCALUME®: adalah merek dagang BLUESCOPE STEEL Ltd. Produsen baja lapis terbesar di dunia. ZINCALUME® adalah baja lapis Zinc dan Aluminium yang digunakan untuk melindungi baja tersebut. Sifat Zinc yang keras dikombinasikan dengan aluminium yang tahan karat, menjadikan kombinasi dari kedua bahan tersebut kuat dan tahan karat dibandingkan dengan Galvanis yang sudah “out-of-date”.




Komposisi :ZINCZLUME merujuk pada material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc, terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon.
Bagaimana membedakan Rangka baja ringan Galvanis vs Rangka baja ringan ZINCALUME®?
1. Spangle (permukaan)
GALVANIS










  
ZINCALUME


Diatas dapat dilihat perbedaan diantara kedua spangle tersebut. Pada baja ringan perbedaan ini dapat dilihat dengan mata telanjang. Tetapi pada genteng metal, produsen yang menggunakan galvanis cenderung menutupinya dengan mengecat belakang dari genteng metal tersebut.
2. Produsen ZINCALUME® satu-satunya di dunia adalah Bluescope Steel Ltd.,  periksa branding pada setiap batang baja ringan dan lembar genteng metal yang anda terima. Pastikan tertera TANGGUH Bluescope Steel Indonesia. Pada produk TASO tertera juga SiMantap dan SNI 4096-2007.

Kami berharap dengan artikel ini, dapat menambah wawasan, kontraktor, aplikator dan pemilik bangunan untuk dasar dalam memilih material bahan bangunan.
Untuk mendapatkan Rangka baja ringan dan Genteng metal Zincalume, pastikan produk anda produksi dari PT. Tatalogam Lestari
INGAT DAN PERHATIKAN, BAJA RINGAN GALVALUME AMAN DARI KOROSI PADA SAAT PEMBAUTAN ANTAR MATERIAL. DAN INI ADALAH MUTLAK, KARENA PROSES PEMBAUTAN ADALAH PERKERJAAN UTAMA PADA PERAKITAN RANGKA BAJA RINGAN, JANGAN ANDA LENGAH TERHADAP BAHAYA KOROSI TIAP BAUT YG MENANCAP DI BAJA RINGAN ANDA LAYAKNYA BOM WAKTU YG TERPASANG DI TIAP JENGKAL RUMAH ANDA. 
BAJA RINGAN TASO ADALAH BAJA RINGAN ZINCALUME. TAHAN KOROSI PEMBAUTAN DAN AIR GARAM. AKAN TETAPI JANGAN ANDA MELETAKAN ATAU MEMASANG BAJA RINGAN TASO PADA MEDIA/ ADUKAN SEMEN BASAH JADI PASTIKAN RING BALOK ANDA KERING.
Ada juga referensi yang menyebutkan bahwa baja ringan Zincalume memiliki ketahanan karat/korosi mencapai 4 kali lipat dibanding baja berlapis Galvanis. Mengapa bisa seperti itu? Sebab, sifat Aluminium yang tahan karat dikombinasikan dengan Zinc yang keras menjadikan kombinasi dari kedua bahan tersebut lebih tahan karat, kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan Galvanis.
Nah... setelah Anda mengetahui perbedaan antara Zincalume, Galvalume dan Galvanis, sekarang Anda bisa memilih sendiri jenis baja ringan mana yang paling bagus untuk bangunan rumah Anda.

Post Link

Popular Of The Week