Ma'af kami tidak melakukan Jual beli material, kami hanya memberikan info seputaran Baja ringan | Blog ini terbuka untuk siapa saja yang ingin memasang iklan produk terutama produk terkait materi Blog dengan fee yang Ringan

Saturday, 19 May 2018

Mengenal dan memilih jenis-jenis kayu terbaik untuk Kusen Rumah # Kayu Merbau

#Kayu Merbau - Kusen kayu Merbau
Kayu Merbau adalah salah satu jenis kayu yang diminati oleh masyarakat Indonesia untuk digunakan sebagai bahan Kusen pintu dan kusen jendela, Hal ini dikarenakan Kayu merbau memiliki kwalitas yang baik,Oleh karena kekuatan, keawetan dan penampilannya yang menarik, sekarang kayu merbau juga dimanfaatkan secara luas untuk pembuatan lantai parket (parquet flooring), papan-papan dan panel, mebel, badan truk, ukiran dan lain-lain.[3] Kayu merbau yang diwilayah Maluku dan Papua Barat dinamakan Kayu besi ini juga  dimanfaatkan kayunya dalam konstruksi berat seperti balok-balok, tiang dan bantalan, di bangunan rumah ataupun pada jembatan.







#Kayu Merbau - #Kusen kayu Merbau
Karakter kayu Merbau
A. Warna kayu merbau


Warna Kayu teras : kelabu coklat atau kuning coklat sampai coklat merah cerah dan Beberapa di antaranya juga ditemukan berwarna hitam atau hampir hitam.
Kayu gubalberwarna kuning pucat sampai kuning muda.





B. Tekstur serat kayu Merbau 

Kayu Merbau memiliki tekstur kayu yang kasar dan merata, dengan arah serat yang kebanyakan lurus. Kayu yang telah diolah memiliki permukaan yang licin dan mengkilap indah.
Gunakan Finishing yang baik dan tepat untuk mengeluarkan serat kayu merbau.
Untuk mewujudkan finishing warna natural kayu merbau bisa menggunakan produk water based, oil based atau solvent based. Warna natural biasanya akan memberikan warna kayu asli dan juga memperlihatkan serat kayu dengan warna asli kayu. 



C. Tingkat kekerasan kayu Merbau
Kayu Merbau atau Di Papua Nugini, kayu ini dikenal sebagai kwila ini memiliki kekerasan yang sangat tinggi dengan substrat kayu yang keras.

Salah satu Tekstur kayu Merbau.

D. Kelas Kuat dan Penyusutan kayu merbau
Kayu merbau termasuk ke dalam golongan kayu berat (BJ 0,63-1,04 pada kadar air 15%) 
kelas kuat nomor  I-II. Kayu Merbau  memiliki tingkat penyusutan yang sangat rendah, sehingga tidak mudah menimbulkan cacat apabila dikeringkan. Kelas kuat kayu merbau juga tergantung dengan beberapa faktor setelah penebangan.

E. Kelas Awet. ( Pelapukan dan Rayap )
Kayu merbau tergolong kayu yang memiliki kwalitas Tinggi dan kayu merbau tidak mudah di serang hama. Kayu merbau memiliki daya terhadap jamur pelapuk kayu termasuk kelas I dan terhadap rayap kayu kering termasuk kelas II. Walapun serangan Hama terhadap kayu merbau ini jarang Namun tetap saja dibutuhkan Perlakuan pengawetan. 

F. Tingkat Penyusutan kayu Merbau
Selain daya tahan yang kuat, kayu merbau juga memiliki tingkat keretakan yang rendah dengan tingkat penyusutan yang kecil. Sehingga apabila kayu ini digunakan sebagai bahan kusen untuk pintu atau jendela, tentu saja kayu ini memiliki kualitas yang cukup bagus

G. Kelemahan kayu merbau
Kayu Merbau termasuk kayu Primadona di Indonesia dan juga di negara lain, Walaupun  dari sisi pengerjaanya kayu merbau tergolong agak sulit dan membutuhkan keahlian khusus namun secara umum kayu merbau termasuk kayu yang mudah untuk diolah,digergaji, mudah di serut dengan mesin, diamplas dan di Pelitur. Namun kayu Merbau Kurang baik untuk dibubut, Kayu merbau ini juga bisa pecah kalau dipaku dan dapat menimbulkan noda hitam apabila berhubungan dengan besi atau terkena air.




Demikianlah pembahasan tentang #Mengenal dan memilih jenis-jenis kayu terbaik untuk Kusen Rumah # Kayu Merbau
Baca :
 #Kusen kayu Jati dan Kayu Kamper

Post Link

Popular Of The Week